Thursday 18 December 2014

Maksimalkan Pacuan Adventure

Maksimalkan Pacuan Adventure - Bukan hanya modify, adventure termasuk olah raga yang kian diminati. Patut dicermati, level adventure ini rupanya variatif, dari sekedar fashion hingga real-adventure.
 Malahan, banyak crosser yang ingin menambah jam terbang menjadikan adventure sebagai latihan skill dan fisik.
  Nah, berhubung adventure termasuk olah raga berat, yang mana medan berupa hutan, pegunungan hingga trek gurun pasir. Tak hanya fisik, tapi juga butuh kuda pacu yang maksimal, baik dari sisi performa engine hingga suspensi, bagaimana memaksimalkan kuda pacu spesial buat adventure ini? ini rombakannya.

Maksimalkan Pacuan Adventure
Cover Head
Kedok Depan berikut sorot lampu jenis adventure dirasa kurang maksimal.
Sebab, penggunaannya hanya ideal saat dipakai di on road, itu pun sorot lampu yang dihasilkan tak bisa fokus.
Kedok lampu trail cukup dianjurkan seperti produk KTM ataupun KLX, atau bisa juga menggunakan lampu variasi lainnya. Untuk lampu bisa menggunakan LED, selai lebih terang, untuk daya yang dibutuhkan juga sangat kecil.
Tapi juga alangkah baiknya menggunakan lampu yang waterproof, tahan terhadap air. 
Disarankan juga saat adventure yang diperkirakan menyasar pegunungan atau perbukitan hingga gelap, sebaiknya menggunakan sport ligh tambahan. Dengan tipikal lampu yang mampu menyoroti hingga jauh. 

Maksimalkan Pacuan Adventure
Kaki Depan
Diperlukan ground clearence tinggi, optimal mengamankan drankcase, tapi juga cocok dengan poster rider.Dimensi paling tinggi adalah sok depan TS-125.
Kalau pingin gaya dapat meminang up side down special engine 85 cc, buat konsumsi sport lokal 150 cc. Untuk postur sport lokal 225 cc, bisa menggunakan special engine 125 cc.
Setingan suspensi, konsidikan lebih empuk. Agar traksi roda depan lebih sempurna saat menghadapi medan yang terjal. Cukup kurangi kapasitas oli sok depan 15 cc -30 cc, berlaku di sport local. Tapi kalau sudah pakai up side down \, cukup atur hard dan soft tingkat kekenyalan diujung atas up side down.
Penerapan pada sport lokal, cukup gunakan bearing tirus milik as roda depan mobil. Dan untuk rumahnya perlu dibuat baru, dengan sistem bushing dan cangkok di bagian bawah komstir.



Maksimalkan Pacuan Adventure
Kaki Belakang
Idealnya pakai monosok, mudah saat merombak atau meninggikan ground clearence buritan. Selain itu, monosok dikenal memiliki travel lebih panjang.
 Sehingga dapat membantu saat memangkas medan yang identik dengan jumpingan.
Sok trail sangat dianjurkan untuk diterapkan pada kaki belakang, selain karena jarak hentakannya yang lebih panjang tingkat kenyamanan dan kekuatan memang telah teruji khususnya untuk menghadapi medan terjal.
Maka, buat sport lokal yang akan dipakai untuk adventure, idealnya ganti lebih dulu dengan lengan ayun yang sudah menggunakan monosok. Pilihannya lengan ayun motor Scorpio, KLX 150 dan TS 125, jadi tinggal sesuaikan kontruksi lengan ayun dan rangka.
Menganut huruf A dan H, kemudian tinggal, mengatur panjang pendek poros lengan ayun berikutnya diameternya, dan untuk pengaturan sudut monosoknya, sesuaikan saja dengan kebutuhan, meliputi ground clearence, kelenturan dan beban rider.

Maksimalkan Pacuan Adventure
Tapak Kaki
Maksimalkan Pacuan AdventureIdealnya pemakain pelek adventure mengusung pelek ring 21" depan dan pelek 18"belakang, atau bisa juga menggunakan pasangan pelek ring 19" depan dan 17" belakang. 
Perbedaan ukuran ban depan belakang ini ditujukan untuk membantu ground clearence mesin. 
Riding style yang dihasilkan jadi lebih stabil, saat menyasar bebatuan. Analog lain, lingkar ring ban depan yang lebih besar juga ditujukan untuk mempermudah menciptakan racing line saat ngetrek di atas lumpur.
Dan untuk mencegah terjadinya ban luar selip dan velg, lengkapi dengan stoper. Sebab, dari pengalaman ikut berlaga di adventure, tekanan Psi ban depan belakang kadang membutuhkan tekanan Psi lebih rendah hingga 12 Psi, guna memaksimalkan traksi. Di satu sisi, kondisi demikian ban luar jadi mudah selip denga velg, disini stoper ban itu berfungsi.

Maksimalkan Pacuan Adventure
Pijakan Kaki
Karena konsepnya adalah untuk menghadapi medan terjal, maka pijakan kaki ke footstep haruslah memiliki daya cengkerem yang kuat.
Maka footstep bergerigi sangat dianjurkan diterapkan untuk trail adventure, serta terbuat dari bahan yang ulet dan ringan. Dan sistem pemasangan idealnya berengsel dan dilengkapi dengan return spring. Agar, saat roboh dengan rider, foot step tak mencederai rider.
Begitu juga dengan posisinya, atur sesuai dengan postur rider dan atur cenderung lebih  kedepan agar riding style dapat dihasilkan lebih nyaman. Selain itu, juga tak mengganggu betis kaki saat kaki diperlukan untuk turun. Biasanya saat merayap di medan bebatuan. posisi foot step yang ideal penting dibutuhkan.

Maksimalkan Pacuan Adventure
Engine Guard
Sifat fungsinya hanya untuk menagkis percikan batu berdimensi 5 cm x 5 cm, saat tergencet dan terpelanting dari roda depan.
Tapi, kala sifatnya benturan batu besar, engine guard tak berfungsi dan malah penyok, bagian yang terbentur itu ketika pemasangannya memakai empat sampai enam titik dudukannya.
Jadi, paling pas kalau engine guard menjadi indikator saja. Misalkan, mau melintas terjalnya bebatuan, ketika timbul bunyi gesekan plat engine guard dengan batu, itu artinya ground clearence sudah mentok. Dan rider harus turun untuk memperingan beban yang diterima engine guard.
Untuk bahan paling pas menggunakan almu atau plat besi, Pakai pipa kemudian dibentuk sesuai dengan desain crankcase juga bisa. Jadi, prinsipnya mampu mengcover crankcase mesin.

Maksimalkan Pacuan Adventure
Stang Kemudi dan Raiser
Maksimalkan Pacuan AdventurePaling nyaman ganti stang lebih tinggi, seperti kontur stang kemudi special engine 85 cc. Berikut dengan tambahan aiser, sebagai penopang stang kemudi agar lebih tinggi.
 Ditujukan untuk memperbaiki riding style pengendara, agar mudah saat menitih kestabilan.

 
Cuman, dalam pilihan bahan stang kemudinya kalau bisa cari yang orsi milik special engine 85 cc atau produk lain yang memang telah teruji. Untuk mencegah stang kemudi patah ketika jatuh dan hanya bengkok.

Maksimalkan Pacuan Adventure
Tensioner Rantai
Perlu diketahui bahwasanya travel monosok lebih panjang, maka toleransi tegangan rantai dipastikan lebih kendor saat tak menerima beban, dan ketika menerima beban kembali tegang, konteks demikian ini rantai jadi rawan terlepas dari gir.
Untuk mengatasinya, cukup pasang tensioner atau guide rantai, untuk menjaga posisi rantai tetap simetris dengan gir depan belakang saat kondisi kendor dan tegang.


Maksimalkan Pacuan Adventure
Cover Body
Simpan yang orsi dan ganti yang jenis market atau replika. Agar saat roboh atau jatuh tak masalah, meskipun sampai pecah. Untuk dimensinya perlu dicermati. Buat sport lokal 150 cc yang dirombak jadi trail, dapat mengusung bodi special engine 85 cc.
Sedang, sport lokal dengan kapasitas mesin hingga 225 cc, dapat mengkanibal bodi special engine 125 cc. Dimaksudkan agar saat dipasang tetap proposional dan motor tak kendodoran.



klik disini untuk melihat modifikasi motor lainnya




0 komentar:

Post a Comment