Friday 19 December 2014

Perawatan Drum Brake (Rem Tromol)

Perawatan Drum Brake (Rem Tromol)
Perawatan Drum Brake (Rem Tromol) - Terlalu lamanya penggantian kampas rem belakang, ternyata akan menimbul- kan masalah baru pada fisik kampas rem itu sendiri, lebih tepatnya dibagian ujung tapak kampas rem yang biasa diungkit oleh paha rem, mulai timbul cacat atau permukaan plat yang biasa terbuat dari lapisan kuningan per- mukaannya jadi nggak rata alias rusak.
Kalau sudah begitu, ketika pedal rem diinjak, baliknya tak bisa langsung, semacam ada penghambat alias nyantol.
 Efeknya, saat direm, motor cenderung berhenti mendadak, buat cewek yang aktif menggunakan bebek, ada baiknya memberikan jadwal maintenance sektor rem belakang. Minimal, 6 bulan kampas rem belakang dan perangkat penunjangannya, seperti pedal rem, bushing dan stik penghubungnya, diperiksa kondisinya Agar mekanis rem belakang tetap nyaman dan aman dalam penggunaan.
Terpenting bushing pedal rem usahakan jangan kering dari pelumasan. Dengan begitu, gerakan bolak-baliknya lancar, kendati sudah diback up oleh return spring.

Perawatan Drum Brake (Rem Tromol)
Begitu juga kampas rem, jangan terpaku pada ketebalan pad kampas rem saja, tapi periksa juga ujung tapak kampas rem yang biasa diungkit oleh paha rem, kalau misalkan sudah cacat sebaiknya ganti baru,
kalau misalkan kondisi kampas masih bagus, termasuk ujung tapak yang biasa diungkit paha rem, maka cukup tambahkan pelumas saja. 


Untuk tips perawatan motor lainnya klik disini

0 komentar:

Post a Comment